Persembahan TNI AL Untuk Bumi Nanggroe Aceh Darussalam : Laksamana Malahayati

TNI AL, 6 September 2023, Swaragemati.com – TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali akan mengadakan Pagelaran Seni Nusantara tahun ini. Pagelaran yang dilaksanakan menyambut HUT TNI AL pada 10 September 2023 tersebut bertemakan Kisah Heroik Pahlawan Wanita dari Nangroe Aceh Darussalam, Laksamana Malahayati.

Dalam pelaksanaannya, TNI AL yang langsung memproduseri pagelaran seni ini juga turut mengajak sineas kawakan di dunia seni peran, diantaranya adalah artis Marcella Zalianty, Cut Memey, hingga Sutradara Kawakan Jay Subiakto.

Pagelaran seni ini digelar sebagai salah satu wujud penghargaan TNI AL terhadap jasa-jasa pahlawan dari Nangroe Aceh Darussalam, khususnya Laksamana Malahayati yang telah menjadi contoh dan panutan bagi Prajurit Jalasena TNI AL dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan dan keamanan Nusantara. Demikian pula sebagai wujud penghargaan kepada masyarakat Nangroe Aceh Darussalam, TNI AL juga turut mengundang tokoh-tokoh masyarakat Nangroe Aceh Darussalam untuk hadir bersama-sama menyaksikan pagelaran ini.

Untuk lebih memeriahkan pagerlaran tersebut, sekaligus meresapi makna perjuangan Laksamana Malahayati, dikerahkan pula personel TNI AL sebagai pemain dalam pagelaran seni teatrikal ini. Tidak main-main personel TNI AL yang ikut memerankan pagelaran teatrikal ini mulai dari Perwira Tinggi (Pati) TNI AL sampai dengan anggota Korps Wanita TNI AL (Kowal).

Dengan Pagelaran Seni Nusantara ini, TNI AL berharap agar bangsa Indonesia tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk bangsa ini di bidang maritim utamanya. TNI AL juga berharap agar dengan mengenal Laksamana Malahayati lebih dalam dapat membangkitkan gelora bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar.

Pagelaran seni tersebut rencananya akan digelar di Teater Graha Bhakti Budaya (GBB) Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada tanggal 8 – 9 September 2023. Dimana pada tanggal 8 September 2023 sebagai pertunjukan pertama akan ditujukan untuk undangan pejabat dan instansi pemerintah dan TNI-Polri. Sedangkan pada tanggal 9 September 2023 pertunjukan dibuka untuk umum dengan terlebih dahulu memesan tiket yang sudah tersedia. Adapun untuk pecinta seni dan budaya Nusantara yang tidak sempat menyaksikan langsung di lokasi, TNI AL menyiapkan saluran streaming untuk pertunjukan tersebut pada tanggal 10 September 2023, bertepatan dengan HUT TNI AL.

(Swg.c)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*