Peduli Kelestarian Lingkungan, Lanal Lhokseumawe Laksanakan Penghijauan di Pantai Seunuddon Aceh Utara

TNI AL, Lhokseumawe, Swaragemati.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe, mengandeng Perta Hulu Energi North Sumatera Offshore (PHE NSO) dan Forkopimda Aceh Utara melaksanakan penghijauan dengan menanam bibit mangrove, ketapang, dan cemara laut, dalam rangka Hari Armada RI Tahun 2023, bertempat di Pantai Seunuddon, Aceh Utara, Rabu (06/12/2023).

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menyampaikan bahwa pihaknya bersama Forkopimda Aceh Utara dan PHE NSO melaksanakan kegiatan peduli lingkungan, diantaranya penanaman bibit mangrove, ketapang, dan cemara laut, dengan target 10 ribu pohon di Kawasan Pesisir Pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

Lebih lanjut, Danlanal Lhokseumawe mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk penghijauan kawasan pantai dan mengurangi abrasi dampak dari air laut sehingga kuala atau muara di Kawasan Pantai Seunudon ini menjadi tampak indah dan bermanfaat bagi masyarakat, serta menambah destinasi objek wisata mangrove di Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Danlanal Lhokseumawe, peduli lingkungan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Untuk tahun 2023 ini bekerjasama dengan pihak PHE NSO yang merupakan bagian dari CSR yang bertujuan memberi manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, PJ. Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si., menyebutkan, penghijauan di kawasan pantai ini sangat perlu dilakukan, salah satunya melalui penanaman mangrove guna mencegah terjadinya abrasi.

PJ. Bupati Aceh Utara berharap kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama berpartisipasi dalam menjaga lingkungan di kawasan pantai, terutama merawat bantuan tanaman dari program CSR yang sudah ditanam agar bisa tumbuh dengan baik.

Sementara itu, Manager PHE NSO Hasanuddin Husin mengatakan, pihaknya bersama Lanal Lhokseumawe memiliki program peduli lingkungan dengan menanam bibit mangrove, ketapang dan cemara laut sebanyak 10 ribu pohon.

“Kegiatan ini merupakan program penghijauan pantai agar menciptakan lingkungan yang hijau dan asri serta menghindari terjadinya abrasi pantai,” jelas Hasanuddin Husin.

Dalam hal ini pihak PHE berterima kasih kepada para stakeholder yang telah berpartisipasi dalam membantu mensukseskan program peduli lingkungan ini.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Danlanal Lhokseumawe, PJ. Bupati Aceh Utara, Dandim 0103/Aceh Utara, Manager PT. PHE NSO, Camat Seunuddon, Perwakilan Polres Aceh Utara, Para Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe, serta Pramuka Saka Bahari.

(Pen Lanal Lhokseumawe/Swg.c)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*